Ringkasan Ensiklopedia Muhammad Super Leader Super Manager

Volume 8
Kepemimpinan dan Strategi Militer
Berikut ini ringkasan masing-masing volume / jilid Ringkasan Ensiklopedia Muhammad Super Leader Super Manager: 


Volume 1 Kepemimpinan dan Pengembangan Diri
Rasululloh Saw adalah seorang yang mampu mengembangkan diri dan mengatasi berbagai kesulitan hidup dengan luar biasa. Ia terlahir yatim, usia 6 tahun yatim piatu dan di asuh sang kakek. Usia 8 tahun kakek pun meninggal dan dititipkan ke sang paman yang relatif miskin. Dalam usia 10 tahun ia harus mengais nafkahnya sendiri menjadi penggembala, mencari kayu bakar, buruh batu dan pasir serta bekerja serabutan untuk penduduk Mekkah. Hingga akhirnya menjadi pengusaha tangguh nyaris tanpa Modal. Bagaimana Muhammad SAW muda melakukan ini semua?

Volume 2 Bisnis dan Kewirausahaan
“Rasulullah SAW adalah model sukses bisnis. Ia membangun jiwa entrepreneurship, memulai  bisnis dengan minim modal, membangun kepercayaan para investor, menjelajahi pasar-pasar regional jazirah. Nabi menetapkan kebijakan ekonomi politik yang mampu menopang berkembangnya peradaban baru. Ia membangun Baitul Maal (Federal Reserve) dan mengadopsi mata uang anti inflasi. Ia menyatakan perang terhadap korupsi seraya mendorong kreatifitas dan inovasi dalam berbagai bidang industry dan perdagangan global. Ia mengajarkan ummatnya untuk hidup kaya dalam taqwa, zuhud dalam keberlimpahan, mandiri serta memberdayakan sesama.“

Volume 3 Menata Keluarga Harmonis
Salah satu sisi kehidupan Rasulullah SAW yang paling banyak disalahpahami adalah aspek kehidupan keluarganya. Kita jarang mengkaji berapa usia Rasul saat menikah lagi, bagaimana kondisi sosial ekonomi janda-janda tua yang dinikahi Rasul, berapa jumlah anak bawaan janda tersebut, bagaimana dampak dakwah dan kemenangan sosial politis yang ditimbulkan. Bagaimana Rasul menjadi kakek teladan, suami bijaksana, ayah idaman keluarga serta mertua yang penuh pengertian. Ia menyapu rumahnya sendiri, menjahit pakaiannya yang robek dan menyiapkan masakan di dapur.

Volume 4 Manajemen Dakwah
Jumlah kaum Muslimin yang tidak kurang dari 1.3 Milyar orang yang tersebar di seluruh penjuru dunia adalah bukti yang tidak terbantahkan dari kesuksesan Manajemen Dakwah Rasulullah SAW. Ia mengajak manusia untuk menempuh jalan hidayah jalan yang lurus, lempang dan terang benderang. Ia mengajar manusia untuk memikirkan makna dan tujuan hidup. Apa yang harus dilakukan saat hidup dan apa yang akan dibawa setelah berakhirnya hidup. Diatas itu semua ia mengajarkan dunia tentang kebebasan beragama. Ia mengajarkan hidup rukun dan toleransi dengan pemeluk agama lain.

Volume 5 Kepemimpinan Sosial dan Politik
Masyarakat Madinah adalah masyarakat yang kompleks dan heterogen. Di kalangan Muslim ada kaum Muhajirin dan Anshar bahkan tidak sedikit juga yang Munafik di bawah pimpinan Abdullah bin Ubay bin Salul. Di kalangan non Muslim ada yang menganut Paganisme, Nashari dan Yahudi. Kaum Paganisme memiliki raja nya sendir Ka’an bin Ashraf. Yahudi pun bersuku-suku seperti Bani Nadhir, Bani Quradzah dan Bani Qainuqa’. Dengan piawai Rasulullah menciptakan keharmonisan di Madinah. Ia juga menjalin hubungan diplomasi dengan pemimpin regional Jazirah.

Volume 6 Pembelajar Sejati dan Guru Besar Peradaban
Rasulullah SAW adalah pembelajar sejati dan guru besar peradaban dunia. Meski tumbuh di kalangan yang minim praktek baca tulis, Rasulullah adalah pembelajar yang cepat. Ia belajar dari pasar, teman-teman, perjalanan dagang dan alam. Nabi mengajarkan mulianya ilmu dan urgensi ilmu untuk mencapai kesuksesan dunia akhirat. Lebih dari itu ia pun memberikan puluhan teladan “holistic learning method”. Bahwa proses belajar mengajar yang efektif memerlukan scanning & leveling, active interaction dan learning conditioning. Belajar baru membuahkan hasil jika ada story telling, analogy & case study, body language, self reflection, focus & point basis dan affirmation & repetition.

Volume 2
Bisnis dan Kewirausahaan
Volume 7 Pengembangan Hukum
Mahkamah Agung Amerika Serikat (Supreme Court) memberikan pengakuan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai salah satu dari 18 Law Giver terbesar sepanjang sejarah bersama Hammurabi, Julius Caesar, Justinian dan Charlemagne. System hukum yang diajarkan Rasulullah SAW juga mencerminkan bahwa Hukum Islam itu syumul (menyeluruh), jalb al-mashalih (mengedepankan kemaslahatan), tadarruj (unsure pentahapan) dan qilatu taqlif (tidak memberatkan). Ia bersifat murunah (flexible), wasatiyah (moderasi), serta penuh keadilan (al-adalah)

Volume 8 Kepemimpinan dan Strategi Militer
Selama 10 tahun mempertahankan kedaulatan Islam, Rasulullah telah memimpin tidak kurang dari 9 perang besar dan mengatur 53 ekspedisi militer. Tetapi dalam interaksi militer yang luar biasa besar dan panjang itu korban jatuh hanya 379 jiwa saja. Jauh dibawah 15.323.100 jiwa pada perang dunia pertama dan 62.537.400 jiwa pada perang dunia kedua. Rasulullah pernah mengajarkan bahwa strategi harus diawali dengan musyawarah, selalu waspada, tidak mudah marah, bersikap adil kepada semua pasukan, mengapresiasi yang berprestasi dan meminimalisir jumlah korban. Perang bukanlah untuk menumpas manusia tetapi menyingkirkan sebagian orang yang menjadi penghalang kebenaran.

Tags: buku buku, buku, free download buku, download buku, buku download, gramedia, buku gratis, toko buku, buku on line, buku online, buku panduan, buku buku islami, buku islami, download buku gratis, buku gratis download, buku islam, bukubuku islam, buku tentang islam, toko buku on line, toko buku online

No comments:

Post a Comment