Ensiklopedia Nabi Muhammad The Super Leader Super Manager

Volume 1,
Kepemimpinan dan Pengembangan Diri
Buku buah karya Dr. Muhammad Syafii Antonio, M.Ec yang sebelumnya telah terbit dengan judul “Muhammad Saw, The Super Leader Super Manager” (IBF Award Winner, 2009) kini telah hadir dalam bentuk Ensiklopedia dengan 8 Spektrum Leadership dan Managerial Rasulullah SAW.

Simak ulasan Edy Supriatna Sjafei:
Nabi Muhammad SAW memang sangat pantas menjadi sosok idola yang bisa diteladani oleh setiap manusia di mana pun berada, apa pun profesinya. Inilah kelebihan Nabi Muhammad SAW karena Allah sendiri dengan jelas menyatakan dalam firman-Nya bahwa terdapat suri tauladan yang baik dalam diri Rasulullah SAW. Siapa pun, jika ingin sukses dunia akhirat, contohlah Rasulullah, karena Rasulullah adalah diibaratkan sebagai "Al Qur`an hidup".

Panduan Muslim Al Quran yang merupakan firman Allah dan penerapan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari dapat dilihat dari kepribadian Rasulullah SAW. Al Quran Surat Al Ahzab ayat 21, Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah".

Di ayat lainnya, Surat Al Anbiya ayat 107, Allah juga berfirman, "Dan tiadalah kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam".

Di sisi lain, perjalanan hidup nabi Muhammad SAW tak ubahnya samudra luas yang tak bertepi. Dalam dirinya terpancar "wisdom" dan hikmah yang seolah tak mungkin bisa dihitung. Hampir semua spektrum kehidupannya dari mulai pribadi, keluarga dan masyarakat merupakan suri tauladan, bagi umat muslim khususnya.

Dan keteladanan ini juga ditemukan dalam aspek bisnis, militer, budaya, dakwah, kesejahteraan, sosial politik serta hukum dan pendidikan. Nabi Muhammad saw senantiasa berusaha memelihara dan meningkatkan kesehatan, kebersihan dan keindahan tubuhnya secara Islami.

Dalam hubungannya dengan sesama manusia Nabi Muhammad SAW senantiasa membiasakan diri dengan akhlak terpuji dan menjauhkan diri dari akhlak tercela serta giat beramal saleh yang bermanfaat bagi orang banyak.

Mengangkat fakta Berdasarkan fakta-fakta tersebut, Nio Gwan Chung atau yang lebih dikenal dengan Dr Muhammad Syafii Antonio MSc, pada akhir Januari 2011 di Jakarta, meluncurkan ensiklopedia berjudul "Eksiklopedia Leadership & Manajemen Muhammad SAW: The Super Leader Super Manager".

Syafii Antonio yang juga dikenal sebagai pakar ekonomi syariah itu merangkai dan menuangkan ketauladanan nabi Muhammad SAW dalam satu set ensiklopedia yang terdiri dari delapan buku (volume).

Dengan diluncurkannya ensiklopedia ini berarti Syafii Antonio telah "melahirkan" sebanyak 21 buku. Sebelumnya ekonom kelahiran Sukabumi, Jawa Barat, 12 Mei 1967 itu telah menulis 13 buku. "Target pembaca buku ini adalah setiap insan yang mencintai Rasulullah SAW dan ingin lebih dalam mengenal dimensi kepemimpinan dan manajemen Rasul," kata Doktor Banking Micro Finance dari University of Melbourne itu.

Selain dapat meneladani kepemimpinan Rasulullah, Menurut Syafii Antonio, salah satu tujuan diluncurkannya buku tersebut juga disebabkan masih sangat terbatasnya literatur yang menggali dimensi kepemimpinan dan manajemen dengan kaca mata analisa tematis dan modern. "Dalam arti dipandang dari sudut ilmu manajemen modern dan suasana modern," kata pimpinan Tazkia Group itu.


Untuk mendukung tujuan tersebut, maka bentuk fisik ensiklopedia yang digarap selama satu tahun ini dikemas mewah. Hard cover dengan desain lukisan bernuansa Dinasti Ottoman Turki dan Mughal India, sedangkan isi setiap volume penuh sentuhan modern yang kaya dengan gambar, lukisan, photo sketsa, inboks dan full color. "Dengan keindahan desain diharapkan proses membaca menjadi fun dan menyenangkan," tambah Syafii Antonio.

"Ensiklopedia Leadership & Manajemen Muhammad SAW: Super Leader Super Manager" merupakan syarah atau tafsir dari buku yang pernah ditulis Syafii Antonio sebelumnya yang berjudul "Muhammad SAW, The Super Leader Super Manager" yang dirilis pada tahun 2007. "Buku tersebut merupakan induk, sementara ensiklopedia ini adalah syarah atau tafsirnya," kata Syafii Antonio.

Dengan kata lain, buku ensiklopedia setebal 250 halaman itu dilengkapi dengan tambahan diagram rujukan sketsa dan data-data sejarah serta demografi lainnya. Seperti layaknya sebuah ensiklopedia yang sifatnya luas, maka dalam satu set ensiklopedia memaparkan berbagai spektrum kehidupan dan perjuangan Rasulullah.

Ada delapan spektrum yang dikaji dalam buku itu yakni pengembangan diri, bisnis dan kewirausahaan, dakwah, keluarga, sosial politik, pendidikan, hukum, serta militer. Dengan membaca Ensiklopedia ini, umat muslim khususnya diharapkan bisa lebih mengenal dan meneladani Rasulullah. Alhasil, hal ini akan membawa kehidupan positif bagi negara dan bangsa.


Harga Buku Ensiklopedia Muhammad Super Leader Super Manager:
Cash:
Harga Asli Rp. 3.125.500. Harga setelah diskon 20% Rp. 2.500.000

Cicilan:
3 Bulan (Harga setelah diskon 10% Rp. 2.812.500)
UM Rp. 850.000
Cicilan / bulan Rp. 981.250

6 Bulan (Harga setelah diskon 5% Rp. 2.968.750)
UM Rp. 750.000
Cicilan / bulan Rp. 443.750

10 Bulan (Harga setelah diskon 0% Rp. 3.125.500)
UM Rp. 750.000
Cicilan / bulan Rp. 263.890

Yang paling berkesan, saat kita berinvestasi membeli Ensiklopedia ini, Insya Allah Sebagian keuntungannya akan di sumbangkan untuk Pembangunan Masjid Islamic Center Andalusia Sentul dan Pembentukan Rumah Tahfidz Alquran. Jadi, cukup berharga untuk tabungan amal jariyah kita.

Tags: nabi muhammad, nabi muhammad swt, nabi muhammad saw, cerita nabi muhammad, kisah nabi muhammad, riwayat nabi muhammad, foto foto nabi muhammad, nabi muhammad foto, sejara nabi muhammad, kisah nabi muhammad, cerita tentang nabi muhammad, sejarah nabi muhammad, sejarah tentang nabi muhammad, artikel nabi muhammad, kisahkisah nabi muhammad, sejarah nabi muhammad saw, cerita nabi muhammad saw, maulid nabi muhammad, sirah nabi muhammad saw, kisah nabi muhammad saw

No comments:

Post a Comment